Wajah Baru Taman Tegalega Bandung 2017

Semua warga bandung mengenal dengan baik taman bersejarah ini, tegalega bandung memang jadi saksi bisu perkembangan kota kembang tersebut, mulai dari jaman penjajahan kolonial Belanda 3.5 abad hingga masa reformasi sekarang ini. Tegal yang berarti lapangan dan lega yang berarti besar, taman ini memang mendiami 15 hektar di kawasan perkotaan. Anda bahkan bisa melihat replikasi Bandung Lautan Api disini, taman besar ini bahkan sering kali dijadikan taman rekreasi keluarga, bahkan jadi area konsen yang bisa menampung hingga puluhan ribu orang sekaligus.

Berlokasi di Jalan Astana Anyar, Ciatul, Regol, Kota bandung. Wisatawan dari luar bandung bisa melihat taman konservasi ini karena berada di wilayah perkotaan, besaran 16 hektar memang jadi hal mencolok apalagi ada replika bersejarah kota ini, Monumen Bandung Lautan Api. Taman tegalega bandung memang lebih terkenal dari taman lainnya seperti lapangan gasibu atau pun alun alun kota, karena banyak sejarah yang terdapat disini.

taman-tegalega-bandung

Mengenal lebih jauh taman tegalega bandung dari dahulu hingga wajah sekarang

  • Area pacuan kuda.

Kenapa bisa ada area dengan ukuran sangat besar di tengah kota, di jaman belanda taman tersebut dijadikan area pacuan kuda. Awal pembukaannya, ini adalah sportpark tegalega bandung, pada pidato pertama dari tua Enoch selaku ketua, taman tersebut akan digunakan untuk kemajuan penduduk Bandung. Bahkan diadakan tournament sepak bola di masa pembukaan tersebut, tournament sepak bola antar kota atau dikenal dengan nama interstedeliijke coetbal wedstrijden dalam bahasa belanda. Kini area tersebut sudah menjadi taman terbuka yang digunakan untuk olahraga, seperti joging di akhir pekan.

  • Tenda Gongli.

Anda yang sudah hidup diera 80an pasti mengenal dengan baik masa keemasan dari Doel Sumbang, di eranya menggunakan untuk mengapresiasikan musiknya. Bahkan menelurkan satu lagu yang cukup menggemparkan berjudul “Gongli” (bagong lieur) artinya babi hutan puyeng, dahulunya taman tegalega belum tertata rapi dengan adanya semak semak cukup tinggi yang dijadikan PSK untuk beraktifitas. Bahkan banyak lapak pedagang kaki lima yang tidak beraturan, taman yang luas membuat beberapa Sekolah Sepak Bola (SSB) juga turun serta menggunakan sebagai teman latihan.

  • Area resapan air.

Revitalisasi besar besaran terjadi di tahun 2014, dimana pemerintah Kota Bandung ingin merubah wajah dari tempat Monumen Bandung Lautan Api menjadi lebih futiristik. Maka dari itu pembenahan dengan konsep future park jadi pilihan tepat, menjadikan taman seluas 16 hektar sebagai area resapan air sehingga tidak akan menimbulkan masalah banjir seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Beberapa area yang masih banyak pepohonan dijadikan konservasi, hal ini untuk menghilang kesan kumuh yang sebelumnya melekat di taman terbesar di Kota Bandung.

  • Wajah kini taman tegalega.

Pada pembukaan tahap awal di Februari 2017, lapangan utama yang terdapat Monumen Bandung Lautan Api anda akan menemukan adanya replika dinosaurus, ada pula replika hewan bersejarah lainnya. Bukan itu saja, ada pula lampion warna warni yang akan menyala di malam hari. Nantinya bahkan akan dibangun amphiteater sebagai wahana wisata, namun kini hanya digunakan untuk lapangan upacara.

Revitalisasi taman tegalela bandung juga terjadi di bagian museum, perpustakaan hingga beberapa kolam dalam yang nantinya akan digunakan untuk kolam main anak anak, inilah perputaran dari area wisata resapan air. Bahkan daerah PKL yang dahulunya kumuh, kini sudah tertata dengan baik dan jadi sebuah area wisata jajanan.

Banyak sekali perubahan wajah yang terjadi pada taman tegalega bandung sekarang ini, dimana taman 16 hektar tersebut tidak jadi lebih modern dan digunakan untuk aktifitas positif warga sekitarnya. Beberapa tahun ke depan, pemerintah Kota Bandung bahkan mencanangkan banyak dibangun tempat wisata untuk rekreasi keluarga murah.